10 Jenis Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Apa Saja Ya?

www.MalangRaya.id - Hampir semua rumah tangga, pasti memiliki lemari pendingin atau kulkas. Mereka memanfaatkannya untuk menyimpan makanan dan minuman yang sudah dibuka atau pun belum dibuka.

Namun, banyak yang belum mengetahui jika menyimpan makanan atau minuman terlalu lama di dalam kulkas, dapat mengurangi nilai gizi dari bahan makanan dan minuman tersebut. Apa saja makanan dan minuman yang tidak baik jika disimpan terlalu lama di kulkas?

1. Acar

Acar adalah makanan khas Indonesia yang segar dan gurih, cocok dijadikan teman kuliner seperti satai, nasi goreng, dan sebagainya. Irisan wortel, bawang, dan tambahan cabai rawit, membuat lidah semakin nikmat saat bersantap.

Namun, untuk menyimpan acar sebaiknya disimpan pada ruangan yang terbuka agar udara dapat bergerak. 
2. Madu

Tekstur madu hampir sama dengan minyak. Madu memiliki waktu simpan yang cukup panjang, jadi tidak perlu disimpan di dalam kulkas, karena dapat menyebabkan pengkristalan sehingga sulit dikeluarkan pada stoples. Sebaiknya, kamu menyimpan madu disuhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari, ya. 

3. Kopi

Baik kopi berbentuk bubuk atau masih berupa biji, sebaiknya tidak menyimpannya di dalam kulkas, karena dapat menyerap semua aroma makanan yang berada di dalam kulkas. Sebaiknya simpanlah kopi dalam wadah kedap udara. 

4. Cabai

Banyak orang yang menyimpan cabai di dalam kulkas, untuk menghindari busuk pada cabai. Tetapi, nyatanya menyimpan cabai pada kulkas, akan membuatnya kering bahkan membusuk. Hal ini disebabkan karena kelembapan suhu dalam kulkas.
Sebaiknya, simpanlah cabai pada suhu ruangan di dalam wadah yang beralaskan tisu, tapi sebelum disimpan, pastikan dulu kamu sudah memetik tangkainya, ya. 

5. Tuna Kaleng

Banyak yang mengira bahwa menyimpan ikan tuna kaleng yang baik adalah di kulkas. Tetapi, nyatanya tempat terbaik menyimpan tuna kaleng adalah di suhu ruangan. Carilah tempat yang sejuk, pastikan tanggal kadaluarsa, jika kamu sudah membukanya sebaiknya langsung dihabiskan.  

6. Roti 

Melansir Good House Keeping  jangan pernah menyimpan roti di dalam kulkas, karena molekul pada roti dapat menjadi kristal ketika berada d isuhu dingin. Sehingga akan menjadi cepat basi ketika didinginkan. Sebaiknya, roti disimpan di dalam plastik kedap udara dan simpanlah di suhu ruangan. 

7. Bawang 

Baik bawang merah, putih, dan bombay, sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas ya, Beauties. Karena, kelembapan dalam kulkas dapat membuat bawang menjadi cepat busuk, dan aromanya dapat mengkontaminasi makanan lainnya.

Sebaiknya, kamu menyimpan bawang pada kantong kertas, di tempat yang berventilasi, gelap, dan sejuk. Jika tidak, maka bawang akan bertunas. 

8.  Kentang
Melansir dari Food Networkmenyimpan kentang dalam kulkas, dapat menghilangkan pati pada kentang. Sehingga, kentang akan menjadi manis dan berpasir.

Sebaiknya, kamu menyimpan kentang pada kantong kertas, jika menyimpannya di dalam plastik akan membuat kentang menjadi cepat membusuk. 

9. Saus

Baik saus sambal, saus tomat, atau saus kecap sekali pun sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, karena banyak cuka yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. 

10. Sereal

Sereal atau gandum utuh tidak dianjurkan disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya Beauties menyimpannya di dalam lemari yang memiliki  suhu ruangan. 

Itulah sepuluh macam makanan yang tidak baik untuk disimpan di dalam kulkas
.
.
.
.
Penulis/Editor : Jore Rahardi
www.malangrayanews com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama