10 Kampus Terbaik di Malang Berdasarkan Peringkat UniRank 2023

Malang Raya, WWW.MALANGRAYA.ID – Kota Malang mempunyai puluhan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Hal itu yang menjadi salah satu alasan daerah ini disebut sebagai kota pendidikan, dan jadi jujukan para pelajar di seluruh Indonesia untuk menimba ilmu. Berdasarkan data yang ada, saat ini Kota Malang mempunyai sebanyak 62 perguruan tinggi. Yang terdiri atas 5 perguruan tinggi negeri dan 57 perguruan tinggi swasta. 

Berdasarkan pengumuman hasil survei lembaga pemeringkat perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank pada tahun 2023, ini dia 10 kampus terbaik negeri dan swasta di Malang.

1. Universitas Brawijaya (UB)

Secara nasional, tahun ini UB menempati rangking 4 secara nasional. Sedangkan jika secara global, UB menempati urutan ke 814. Hal ini menjadikan UB bisa dikatakan sebagai kampus terbaik pertama yang ada di Kota Malang.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

UM berada di peringkat ke 17 secara nasional berdasarkan hasil pengumuman yang di keluarkan UniRank. Sedangkan jika dibandingkan dengan kampus lainya di seluruh dunia, UM berada di posisi urutan ke 2033

3. Universitas Muhamadiyah Malang (UMM)

Posisi kampus terbaik ketiga di tempati oleh UMM. Menurut UniRank, Secara nasional UMM berada di peringkat ke 28. Sedangkan secara global, UMM menempati urutan ke 2644.

4. Universitas Islam Malang (Unisma)

Selanjutnya di posisi ke 4 ada Unisma. Kampus Nahdlatul Ulama (NU) ini berada di urutan ke 41 secara nasional. Dan menempati urutan ke 3241 secara global.

5. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang

Di urutan kampus terbaik nomor 5 di Kota Malang ditempati oleh UIN Maliki Malang. Kampus hijau ini berada di peringkat ke 51 secara nasional berdasarkan UniRank. Sedangkan jika secara global, UIN Maliki Malang menempati urutan ke 3512.


6. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Selanjutnya di posisi ke 6 ada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Merujuk pada hasil peringkat yang di keluarkan UniRank, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang berada di peringkat ke 70 secara nasional. Dan menempati rangking global ke 4479.

7. Universitas Merdeka (Unmer)

Unmer mendapatkan peringkat ke 98 secara nasional dari UniRank. Hal ini menjadikan Unmer berada di posisi ke 7 kampus terbaik di Kota Malang. Secara global, Unmer berada di urutan ke 5336.

8. Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Universitas Tribhuwana Tunggadewi atau biasa disingkat Unitri, menempati urutan ke 8 kampus terbaik di Kota Malang. Karena jika merujuk hasil peringkat dari UniRank, secara nasional Unitri berada di peringkat ke 203. Sedangkan secara global beradandi urutan ke 8201.

9. Institut Teknologi Nasional Malang (ITN)

Posisi ke 9 kampus terbaik di Kota Malang ditempati oleh Institut Tekhnologi Nasional (ITN) Malang. ITN Malang mendapatkan peringkat ke 226 secara nasional dari UniRank. Dan rangking 8634 secara gobal.

10. Universitas Ma Chung

Terakhir, peringkat ke-10 kampus terbaik di Malang diduduki oleh Universitas Ma Chung. Berdasarkan hasil peringkat UniRank 2023, Universitas Ma Chung mendapatkan rangking ke 229 secara nasional. Dan ranking ke 8696 secara global.

Itulah 10 kampus terbaik di Malang berdasarkan peringkat kampus yang dikeluarkan oleh UniRank pada tahun 2023. (*)
.
.
.
.
Penulis/Editor: Jore Rahardi
.
.
.
.
Artikel ini telah tayang di TIMES dengan judul 10 Kampus Terbaik di Malang Berdasarkan Peringkat UniRank 2023





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama