Apa Itu Malang Raya ????

Malang Raya, WWW.MALANGRAYA.ID - Seringkali disebut dengan Malang Raya, apa sebenarnya arti Malang Raya? Malang Raya memiliki total luas wilayah sebesar 3.882,24 kilometer persegi. Adapun letak Malang Raya di bagian tengah Jawa Timur.

Seperti apa sejarah serta maksud dari wilayah Malang Raya? Berikut penjelasan tentang Malang Raya mulai dari sejarah hingga kabupaten dan kota yang ada di wilayah ini.

Malang Raya:

Sejarah Karesidenan Malang

Awalnya Malang Raya merupakan daerah yang berbentuk karesidenan. Untuk diketahui, karesidenan ialah bentuk lama dari Daerah Tingkat I yang disebut dengan Karesidenan Malang. Adapun karesidenan ini meliputi 4 kota dan 4 kabupaten.

Daftar kota karesidenan Malang Raya meliputi Kota Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo. Sementara itu, kabupaten karesidenan meliputi Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.

Kini, Malang Raya hanya terdiri dari tiga wilayah. Di antaranya, Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Nama Malang tercetus melalui kata Malangkucecwara pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Kata Malangkucecwara berarti Tuhan akan membantu kita menaklukkan kejahatan.

Ada juga asal-usul Malang Raya dilihat dari sejarahnya yang panjang. Hal ini dapat terlihat dengan adanya beberapa kerajaan Hindu-Budha ternama di Indonesia yang berdiri di wilayah ini. Sebut saja, Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Kanjuruhan.

Geografi Tiap Wilayah di Malang Raya

Kota Malang
Luas Wilayah: 145,28 kilometer persegi
Jumlah Penduduk: 874.890 jiwa

Kota Batu
Luas Wilayah: 202,3 kilometer persegi
Jumlah Penduduk: 213.046 jiwa

Kabupaten Malang
Luas Wilayah: 3.530,65 kilometer persegi
Jumlah Penduduk: 2,65 juta jiwa2. Keunikan Bahasa dan Dialek

Penduduk Malang Raya dikenal dengan bahasa dan dialek unik yang kerap disebut dengan boso walikan. Pada umumnya, bahasa ini tak jauh berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya.

Namun, secara penulisan atau pengucapan terlihat berbeda. Sama seperti sebutannya, boso walikan memiliki arti membalikkan penulisan atau pengucapan kata. Contohnya, mas menjadi sam, saya menjadi ayas, singo menjadi ongis, dan masih banyak lagi lainnya.

Kota Pelajar dan Kawasan Religius

Sebutan Kota Pelajar juga pas disematkan untuk Malang Raya. Bukan tanpa sebab, wilayah Malang Raya memiliki setidaknya 40 perguruan tinggi, yang meliputi Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maliki, Universitas Muhammadiyah Malang, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu, Malang Raya juga kerap dijuluki sebagai kawasan religius. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa pusat pendidikan berbasis agama di sini. Seperti Pesantren Gading, Sekolah Tinggi Hindu Santika Dharma, hingga Seminari Alkitab Asia Tenggara.
.
.
.
.
Penulis/Editor: Jore Rahardi




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama