Ganti Nasi Putih Kamu, Ini 3 Jenis Beras Terbaik untuk Diet

WWW.MALANGRAYA.ID -- Apa beras terbaik untuk diet? dikutip dari katadata.co.id, berikut Uraian yang akan memberikan gambaran bahwa beras bukan makanan 'jahat' dan tetap bisa mendukung penurunan berat badan.

Masyarakat Indonesia terbiasa menjadikan nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Beras atau nasi otomatis selalu masuk dalam diet harian.

Akan tetapi, beras kerap dimusuhi karena dianggap bikin berat badan naik. Padahal, beras adalah sumber karbohidrat yang penting buat tubuh.

"Ini bukanlah makanan yang harus kita takuti atau dianggap penjahat," kata ahli diet klinis Ellis Hunnes, mengutip dari Men's Health.

Semua beras mengandung karbohidrat. Namun sebenarnya, beda jenis beras, berbeda pula kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Beras yang kaya nutrisi masuk ke dalam nasi terbaik untuk diet.

Berikut beberapa beras yang bisa dikonsumsi untuk turunkan berat badan.

1. Beras hitam
Beras hitam (black rice) merupakan varietas beras terbaik untuk diet dan kesehatan secara menyeluruh.

Beras hitam mengandung antioksidan tertinggi di antara semua jenis beras. Fungsi antioksidan ini dijalankan oleh kandungan antosianin yang merupakan agen antiinflamasi yang kuat.

Selain karbohidrat, beras hitam juga mengandung protein dan serat. Keduanya membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Beras merah
Ilustrasi. Beras merah, salah satu beras terbaik untuk diet. (iStockphoto/Amarita)
Seperti beras hitam, beras merah (red rice) mengandung antioksidan flavonoid, termasuk antosianin, apigenin, myricetin dan quercetin.

Mengutip dari Healthline, riset menunjukkan beras merah punya potensi jauh lebih besar untuk melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan flavonoid lebih tinggi dibanding beras hitam.

3. Beras cokelat
Banyak orang menganggap beras cokelat lebih sehat ketimbang beras putih. Anggapan ini tak salah karena beras cokelat tak banyak melalui proses pengolahan sehingga nutrisinya tak banyak berkurang.

"Beras cokelat membawa banyak nutrisi, terutama karena itu biji-bijian utuh. Tinggi serat, vitamin B, zinc, dan magnesium," ujar ahli diet Courtney D'Angelo, mengutip Eat This Not That.

Serat sendiri bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama. Serat juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Demikian beberapa beras terbaik untuk diet yang bisa Anda coba.
.
.
.
.
Penulis/Editor : Jore Rahardi
.
.
.
.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama