Jika Mendarat di Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jangan Lupa Cicipi 7 Makanan Khas Kediri Ini

WWW.MALANGRAYA.ID - Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya, sehingga tak jarang pelancong memilih untuk berwisata di kabupaten satu ini.

Belum lagi status Kediri sebentar lagi akan dikenal dengan kota sibuk karena keberadaan Bandara Internasional Dhoho yang akan segera dibuka.

Membuat pelancong yang berkunjung ke Kabupaten Kediri kemungkinan besar akan terus bertambah seiring pembukaan bandara bertaraf internasional itu.

Bukan hanya tempat wisata yang akan disuguhkan, tetapi cita rasa kuliner Kediri yang cenderung gurih dan pedas, sedikitnya manis, juga akan menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung.

Beberapa makanan khas yang menggugah selera dapat kamu temukan di Kediri. Jika berkunjung jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas Kediri berikut ini.

1. Pecel Tumpang

Dilansir dari uc.ac.id, nasi pecel tumpang adalah perpaduan antara nasi dengan potongan sawi, trancam, kemangi dan kecambah.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang dan sambal tumpang (tempe busuk yang di haluskan, lalu diberi santan, cabai, dan bumbu halus).

2. Sate Emprit

Dilansir dari kedirikab.go.id, sate emprit ini ketika dibakar akan mengeluarkan warna kecokelatan.

Teksturnya liat, tidak lengket, aroma rasanya kuat, tanpa lemak, dan gurih. Sate emprit ini biasanya dipadukan dengan bumbu garam, penyedap rasa, kacang, dan kecap.

3. Nasi Goreng Arang

Dilansir dari budaya-indonesia.org, nasi goreng ini dimasak menggunakan bara arang. Nasinya dilengkapi dengan bumbu alami yang diracik dari berbagai rempah, garam, dan kecap.

Penggunaan daging ayam kampung pada nasi goreng ini membuatnya berbeda dari yang lain.

4. Sate Bekicot

Dilansir dprdkedirikab.go.id, sate bekicot atau dikenal dengan sate O2 diolah dengan bumbu dan rempah-rempah khas dengan cita rasa cenderung sedikit pedas.

Selain nikmat, olahan kuliner ini juga mampu mengurangi penyakit sesak napas

5. Olahan Tahu

Dikutip dari kedirikab.go.id, tahu merupakan makanan khas Kabupaten Kediri yang berbuat dari kacang kedelai.

Tak sedikit masyarakat yang menyajikan makanan khas Kediri ini menjadi berbagai bentuk yang berbeda antara lain tahu takwa, tahu poo, stik tahu dan lainnya.

6. Carang Mas

Dilansir dari budaya-indonesia.org, carang mas berbahan dasar ubi jalar, rasanya cenderung manis, dan mempunyai tekstur yang renyah dan gurih. Carang mas biasanya lebih disukai oleh anak-anak.


7. Gethuk Pisang

Dilansir dari warisanbudaya.kemdikbud.go.id, gethuk pisang terbuat dari bahan dasar pisang raja nangka dan disajikan dengan cara dibungkus daun pisang.

Gethuk pisang mampu bertahan selama dua hingga tiga hari dalam suhu kamar, dan satu minggu jika disimpan di kulkas.
.
.
.
.
Penulis/Editor: Jore Rahardi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama