Ternyata Batik Merupakan Singkatan, Ada yang Sudah Tau?

WWW.MALANGRAYA.ID - Batik adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Sejak 2009, UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Hal ini menegaskan bahwa batik merupakan seni tekstil tradisional yang mencerminkan nilai-nilai sejarah, estetika, dan keindahan Indonesia.

Sebagai simbol identitas budaya Indonesia, setiap pulau di Indonesia memiliki gaya dan motif batiknya sendiri. Tak hanya itu, batik dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai kesempatan, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga upacara resmi dan pernikahan.

Namun, tahukah kamu kalau batik ternyata merupakan sebuah singkatan?


Batik Merupakan Singkatan

Batik ternyata merupakan singkatan dari dua kata. Dikutip dari laman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, batik berasal dari singkatan berbahasa Jawa, yakni kata amba dan titik, yang berarti menuliskan titik. 

Hal ini merujuk pada teknik pembuatan batik di mana lilin panas digunakan untuk menuliskan atau melukis motif pada kain, dan kemudian kain tersebut diwarnai. Setelah pewarnaan selesai, lilin dihilangkan, dan bagian yang tertutup lilin tetap tidak terwarnai, membentuk pola-pola yang unik dan indah.
.
.
.
.
Penulis/Editor : Jore Rahardi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama